- media pembelajaran yang dibuat:1. Powerpoint :judul : 1. Sistem Pencernaan Pada Manusia dan Struktur Organ Pada Hewan Tertentu2. Keanekaragaman Hayati2. Poster : topik global warming3. Video :Judul: 1. Keanakeragaman Hayati (Tumbuhan) Diseputaran Kebun Farmasi2. kenekaragaman Tumbuhan dikotil dan monokotil kampus 3 Paingan4. Powerpoint Link : Kerangka Kerja Pengajaran.5. Powerpoint : Klasifikasi Makhluk Hidup.
Penilaian terhadap media pembelajaran "Klasifikasi Makhluk Hidup" yang telah dibuat :
Kelebihan dan Kekurangan:
Aspek Rekayasa Perangkat Lunak
- Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran, Efektif
- Reliable (handal), ya
- Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah), ya
- Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya), mudah digunakan
- Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan, tepat
- Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan software yang ada), ya
- Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi, ya
- Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program), tidak
- Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain). ya
Aspek Desain Pembelajaran
- Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan, realistis), belum tercantum
- Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum, sudah lengkap
- Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran, belum tercantum
- Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran, sudah tepat
- Interaktivitas, ada interaksi
- Pemberian motivasi belajar, sudah ada
- Kontekstualitas dan aktualitas, belum lengkap
- Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar, belum lengkap
- Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, sesuai
- Kedalaman materi, sangat mendalam
- Kemudahan untuk dipahami, sangat mudah,
- Sistematis, runut, alur logika jelas, sudah tepat
- Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan, belum tercantum
- Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran, belum ada
- Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi, belum ada
- Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi, belum terencana
Aspek Komunikasi Visual
- Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran, sesuai
- Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan, kreatif
- Sederhana dan memikat, sesuai
- Audio (narasi, sound effect, backsound,musik), tidak termuat
- Visual (layout design, typography, warna), sesuai
- Media bergerak (animasi, movie), tidak tercantum
- Layout Interactive (ikon navigasi), tidak dimuat.dibuat oleh;Warjuni Nim 091434029Pangeran Nim 091434037
No comments:
Post a Comment